Sabtu, 09 Juni 2012

PARMALIM di TANAH BATAK

Awalnya, Parmalim adalah gerakan spiritual untuk mempertahankan adat istiadat dan kepercayaan kuno yang terancam agama baru yang dibawa Belanda. Gerakan ini lalu menyebar ke tanah Batak menjadi gerakan politik atau parhudamdam yang menyatukan orang Batak menentang Belanda.Gerakan itu muncul sekitar tahun 1883 atau tujuh tahun sebelum kematian Si Singamangaraja XII, dengan pelopornya Guru Somalaing. Dalam perkembangannya, gerakan yang menempatkan Si Singamangaraja sebagai pemimpin tertinggi tersebut telah memicu perlawanan politik dalam bentuk pertempuran-pertempuran kecil di berbagai kawasan Batak Toba, sekaligus perlawanan teologis terhadap zending. Gerakan ini pun terus melakukan perlawanan pascakematian Si Singamangaraja XII.

Berbagai stigma lalu dilekatkan Belanda kepada pengikut Parmalim untuk mengerem laju gerakan ini, mulai dari sebutan kaum pembangkang, penyembah pagan, hingga pelaku kanibalisme atau pemakan sesama manusia. Para penganut Parmalim diburu. Berbagai upacara keagamaan mereka pun dilarang.
Pada tahun 1895 (tujuh tahun setelah kematian Si Singmangaraja XII), Guru Somalaing ditangkap Belanda dan kemudian dibuang ke Kalimantan pada tahun berikutnya. Gerakan Parmalim pun mulai memudar walau tidak habis. Raja Mulia Naipospos, tokoh spiritual, yang disebut-sebut mendapat restu dari Si Singamangaraja XII, kemudian memegang tongkat kepemimpinan Parmalim. Gerakan Parmalim pun kembali memusatkan diri pada spiritual dan tata cara hidup berdasarkan adat. Tongkat kepemimpinan ini diwariskan turun-temurun dan kini dipegang oleh Raja Marnakkok Naipospos, cucu Raja Mulia.

Saat ini pusat kegiatan keberagamaan kaum Parmalim dipusatkan di Huta Tinggi, Kecamatan Lagu Boti, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kata parmalim sendiri bisa dipisahkan dalam dua kata, yaitu par dan malim. Par dalam bahasa Batak Toba merupakan awalan aktif yang berarti orang yang mengerjakan atau menganut sesuatu. Malim sendiri berasal dari kata bahasa masyarakat di pesisir pantai yang beragama Islam, baik Melayu maupun Minangkabau, yang berarti pemuka agama Islam.

Mualim
Asal usul kata malim bagi masyarakat Melayu berasal dari bahasa Arab mualim yang artinya pintar dalam pengetahuan agama. Parmalim juga berkonotasi dengan para malim atau sekumpulan orang yang pengetahuan agamanya luas.
Munculnya kosakata parmalim ditengarai karena adanya interaksi antara Guru Somalaing dengan orang-orang Melayu dan Aceh, yang banyak membantu peperangan Si Singamangaraja XII melawan Belanda. Parmalim sendiri, menurut Raja Marnakkok Naipospos yang saat ini menjadi Raja Ihutan atau pemimpin tertinggi kaum Parmalim, adalah ajaran tradisional Batak. Sebelum kedatangan agama Islam dan Kristen di tanah Batak, nenek moyang kami telah memiliki ajaran kepercayaan tersendiri. Inti ajaran kami adalah bagaimana bisa mempersembahkan hidup kepada Mula Jadi Nambolon (Tuhan), dan bagaimana cara hidup bermasyarakat dengan baik. Prinsip-prinsip ajaran kami diajarkan oleh Raja Si Singamangaraja, katanya.

Menurut Monang Naipospos, salah seorang tokoh Parmalim yang lain, ciri khas dari kepercayaan Parmalim adalah kearifan lokal mereka dalam menjaga alam. Para pengikut Parmalim dilarang menebang pohon, kecuali menanam tunas baru dengan jumlah lebih banyak. Mereka juga tidak boleh merusak tunas-tunas kecil saat merobohkan pohon besar. Manusia telah diberi hak untuk mengelola alam. Kita telah didukung alam untuk hidup, maka kita juga harus mendukung alam untuk hidup, katanya.

Namun, hingga kini prinsip-prinsip kepercayaan Parmalim sering disalahtafsirkan oleh masyarakat luas. Parmalim masih dianggap sebagai ancaman atas kemapanan. Hingga kini, para pengikut Parmalim belum bisa memperoleh akta catatan sipil sebagaimana warga negara yang lain. Mereka tak mendapatkan akta catatan sipil untuk kelahiran dan pernikahan sehingga kesulitan menyesuaikan diri dengan sistem kemasyarakatan yang ada.

Monang Naipospos mengatakan, upaya diskriminasi terhadap pengikut Parmalim awalnya dilakukan oleh penjajah karena Si Singamangaraja XII melakukan perlawanan terhadap Belanda. Sejak itulah Belanda mendiskreditkan kami dengan citra buruk, termasuk disebutkan kami sebagai orang tidak beradab yang makan manusia. Padahal, makan babi, anjing, atau darah saja dilarang, katanya.

Selama ini kami menjadi warga negara yang terpinggirkan karena hak-hak kami selaku warga negara belum terpenuhi. Pemerintah Kabupaten Tobasa (Toba Samosir) tidak mau memberikan catatan sipil kepada kami, dengan alasan pencatatan terhadap warga penghayat kepercayaan tidak ada dalam perundang-undangan, seakan penghayat kepercayaan di luar bingkai hukum negeri ini. Padahal, golongan Tionghoa sudah bisa mendapatkannya, katanya.
Marnakkok mengatakan, jumlah pengikut Parmalim di Tobasa mencapai 1.500 keluarga atau sekitar 6.000 jiwa. Sebagian besar pengikut Parmalim itu belum mendapat akta catatan sipil. Pengikut Parmalim yang mendapatkan akta kelahiran biasanya harus mencantumkan salah satu dari lima agama yang diakui pemerintah dalam identitas mereka. Kami dikerdilkan sistem yang masih diskriminatif, katanya.
Proses keberagamaan negara ini agaknya memang belum selesai

By: eko“kodok"

Jumat, 08 Juni 2012

Danau-Danau Di Dalam GOA Yang Sangat Menakjubkan

Danau Yucatan

Danau bawah tanah Macan Che yang terletak di semenanjung Yucatan yang diyakini sebagai anugerah dari dewa suku Maya di Meksiko dan dikenal sebagai danau terlarang.

Danau Luray Caverns

Sungai bawah tanah yg terletak di Luray Caverns, Virginia. Efek pantulan air nya di langit2 gua mirip dengan pantulan emas.

Danau Gua Banff

Danau bawah tanah ini yg terletak di Banff, Kanada. Perlu waktu berapa lama tuh air terjun mini buat menuhin volume danau, sebuah karya cipta alam yang sangat menarik.

Danau Gua Mellisani

Danau bawah tanah yg terletak di Gua Mellisani, Kefalonia, ditemukan karena reruntuhan yg menutupi gua hancur akibat gempa bumi tahun 1953.

Danau Cheddar Gorge

Cheddar Gorge, Sungai bawah tanah yg terletak di salah satu jurang terbesar di Inggris bernama Cheddar Gorge. Terdapat di sebuah gua yg jg bernama Cheddar dmn disini ditemukan tengkorak manusia tertua di Inggris thn 1903 diperkirakan berumur 9000 tahun.

Danau Hamilton

Danau bawah tanah ini dijadikan kolam renang alami yg terletak di Austin, Texas bernama Hamilton.

Danau Gua Lechuguilla

Gua Lechuguilla di Taman Nasional Carlsbad Caverns, New Meksiko merupakan gua terpanjang kelima yg ditemukan. Panjang 193 km dan kedalaman 489 m, terdalam di Amerika Serikat.

Kamis, 07 Juni 2012

Cara Merawat Monitor LCD dan Keyboard

Keyboard dan monitor LCD merupakan komponen notebook yang paling rentan terhadap kerusakan. Misalnya saja ketika tanpa sengaja keyboard tersiram air ataupun monitor tergores saat dibersihkan.
Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kerusakan pada komponen monitor LCD dan keyboard notebook.
Monitor LCD

1.Engsel LCD
Kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu notebook adalah pada bagian engsel tersebut.
Oleh karena itu jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan notebook. Demikian juga sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.
Memang yang namanya musibah tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bila terjadi retak, segera perbaiki di dealer resmi. Hal itu dimaksudkan agara kerusakan tidak merambat ke tempat lainnya.

2.Separoh harga notebook
Layar LCD sangat tipis dan mudah pecah, karenanya perlakukan denganbenar dan jangan sampai kena benturan, tekanan, goresan yang bisamerusaknya. Ingat sekitar 50% dari harga notebook merupakan harga dari layar LCD tersebut.

3.Membersihkan LCD
Spoiler for cara
Lalu bagaimana kalau layar LCD notebook berdebu? Apakah harus didiamkan? Tidak diharamkan untuk membersihkan monitor LCD .
Dengan berjalannya waktu, layar NB akan menjadi kotor dan berdebu. Anda dapat menyemprotkan cairan khusus pembersih LCD ke kain lap dan menggosok layarnya perlahan lahan. Gunakan kain yang lembut dan tidak kasar. Jangan menyemprotkannya langsung ke permukaan layar karena cairan dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektroniknya.
Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena bisa merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar memantul.Kalau tidak ada cairan pembersih khusus tersebut, sebaiknya menggunakan air yang dicampur sedikit sabun mandi.
Keyboard

1.Kotoran di sela tombol
Letak tombol keyboard yang saling berhimpitan dengan sedikit sela seringkali menyebabkan debu, kotoran, dan remah-remah bersembunyi di sela-sela tombol.
Membersihkan Keyboard
Vacuum cleaner merupakan alat yang cocok untuk membersihkan kotoran dan remah-remah yang tersembunyi di celah celah Keyboard.
Alternatif lain adalah dengan menyemprotkan udara di antara tombol-tombol keyboard. Jangan menggoncangkan dan mengetuk Keyboard dengan keras karena bisa merusaknya.

2.Tersiram cairan
Spoiler for hati-hati
Menumpahkan minuman ke Keyboard bisa terjadi pada siapapun. Bila itu yang terjadi, segera matikan Notebook, letakkan kertas tissue/kain lap di atas keyboard dan balikkan untuk mengeringkan cairan yang masuk kedalamnya dan mencegah masuk ke komponen lainnya.
Pada beberapa merek NB tertentu seperti halnya Acer, konstruksi NB memungkinkan cairan mengalir ke bagian dasar tanpa merusak rangkaiannya.
sumbernya dari thread  di kaskus
demikian sedikit penjelasan dan tips untuk merawat Minitor LCD dan keyboard anda. semoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya. baca juga artikel yang lain

Rabu, 06 Juni 2012

Perbaiki Window 7 dalam Tiga Langkah Mudah Tanpa Instal Ulang

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa kita harus instal ulang window, di antaranya karena kinerja window semakin lambat dalam loading, itu artinya kita harus memiliki CD master window untuk menginstal ulang, atau kita harus membawanya ke center penginstalan, bagimana laptop yang kita gunakan tidak memiliki CD room dan tidak
memiliki uang untuk instal ulang. Berikut cara paling mudah yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki window 7 anda tanpa harus instal ulang dan rasakan kecepatan loading widow 7 anda setelah melakukan cara-cara berikut:


1. Restar ulang komputer/laptop anda
2. Lalu tekan F8 (sebelum masuk window)
3. Pilihlah menu Last Know Good Konfiguration (Advanced)dan tekan "Enter"

*pada sebahagian blog sahabat saya bukan konfiguration tapi condition, namun dalam menu window saya tidak menemukan kata condition, munkin lain window lain pula letak dan nama pengaturannya.

Selasa, 05 Juni 2012

Touchpad Mouse Laptop Tidak Berfungsi ? Kenapa

Kemarin sempat dapat pasien netbook yang mempunyai masalah " Touchpad tidak berfungsi " Begini ceritanya, saat netbook dinyalakan, dan masuk Windows 7, cursor mouse tidak bergerak saat jari telunjuk menelusuri touchpad netbook tsb. Langsung saja saya berkesimpulan bahwa, Touch-Pad-nya yang rusak / tidak berfungsi.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab tidak berfungsinya Touchpad tersebut. Diantaranya, Settingan Periperal Device pada BIOS, Driver Touchpad belum terinstall, Ada Shortcut pada Keyboard yang berfungsi untuk menonaktifkan Touchpad, hehe dan terakhir Touchpad memang benar-benar rusak secara fisik.

Namun saya juga baru mengalami kasus demikian simple, dan sempat bingung juga. Karena setelah saya cek settingan BIOS normal, Driver sudah terinstall dengan baik, kondisi software juga baik, Eh kok masih tidak berfungsi haha !

Ealah ! setelah saya amati dengan seksama keyboard pada netbook tsb, ternyata ada sebuah simbol / logo yang kalau diartikan adalah berfungsi untuk enable / disable fungsi Touchpad !. Dan langsung saja saya tekan shortcut tombol tsb, kebetulan pada fn+F6. Akhirnya secara ajaib, Touchpad sudah dapat berfungsi kembali.

Intinya,


<p>Your browser does not support iframes.</p>

Pertama, Kenali dengan seksama notebook, laptop, netbook kita
Kedua,
Selalu perhatikan shortcut pada keyboard laptop terutama pada fungsi FN + F1 s/d F12
Ketiga, Tidak semua kerusakan pada komputer disebabkan oleh kerusakan fisik

Sekian sharing dari saya pada sore ini, hehe maklum saya juga jarang sekali pegang laptop, sehingga sempat dibuat bingung karena masalah diatas haha, padahal simple, yups tapi itu menjadi sebuah pengalaman berharga bagi saya, dan sekaligus wawasan untuk kita. Terima Kasih, Sampai Jumpa !

Sekilas Administrasi Negara/TUN

1. Asas

Dalam prakteknya terdapat empat asas universal yang diberlakukan dalam peradilan administrasi, yaitu:

a. Asas Litis Domini
Yaitu asas keaktifan hakim. Dalam peradilan administrasi, sejak awal pemeriksaan hakim wajib membimbing Penggugat agar Surat Gugat dan logika hukum yang digunakan tidak salah. Asas ini menjadi sangat penting karena Tergugat pastilah orang yang berkuasa karena Jabatan yang melekat pada dirinya. Jabatan inilah yang memberikan previlege (hak istimewa) sedangkan Penggugat adalah masyarakat (orang atau badan hukum) yang posisinya pasti lebih lemah dibanding dengan Tergugat. Oleh karenanya Penggugat perlu dibimbing dan dilindungi.

b. Asas Presumtio Iustia Causa
Yaitu asas yang menganggap bahwa semua Keputusan Tata Usaha Negara adalah benar kecuali ditentukan lain oleh putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap (inkracht). Asas ini berlaku karena pada hakikatnya semua Keputusan Tata Usaha Negara adalah demi kepentingan umum, sehingga dia selalu dianggap benar. Sehingga KTUN tetap dijalankan walaupun digugat oleh masyarakat dan gugatan tidak menunda pelaksanaan KTUN.

c. Asas Audi et Alteram Partem
Yaitu asas bahwa hakim harus mendengarkan kedua belah pihak yang bersengketa. Asas ini sebagai turunan dari asas ”equality before the law” atau asas kebersamaan. Walaupun asas ini juga berlaku dalam perkara perdata, namun dalam perkara senketa di PTUN, asas ini menjadi sangat penting dan merupakan kekhususan universal. Universal karena dia berlaku di semua peradilan dan khusus karena dia mempunyai sifat khusus di PTUN. Kekhususannya adalah terletak pada penekanannya bahwa dalam sengketa KTUN antara tergugat dengan penggugat adalah tidak sama (unequal). Tergugat mempunyai posisi lebih kuat dibanding dengan Penggugat, sehingga hakim selalu diingatkan bahwa ketika kedua belah pihak sedang bersenketa di pengadilan, para pihak adalah sama (equal) dan memiliki hak yang sama untuk didengar kesaksiannya.

d. Asas Erga Omnes
Yaitu putusan Pengadilan Tata Usaha Negara berlaku untuk umum. Karena sengketa administrasi merupakan sengketa dalam lapangan hukum publik, maka putusan hakim peradilan administrasi akan menimbulkan konsekuensi mengikat umum dan mengikat terhadap sengketa yang mengandung persamaan yang mungkin timbul pada masa sekarang dan yang akan datang. Sehingga putusan PTUN tidak hanya mengikat kedua belah pihak tetapi juga pihak lain di luar yang tidak terlibat sengketa tersebut tetapi memiliki sifat yang sama.

2. Struktur Formal Putusan

Dalam pokok perkara, hakim memberikan putuan yang isinya menerima eksepsi Tergugat dan menolak gugatan Para Penggugat untuk seluruhnya serta menghukum Para Penggugat untuk membayar biaya perkara kepada Penggugat. Putusan ini secara prosedural sudah benar karena sesuai dengan ketentuan Pasal 109 ayat (1) UU No. 5 tahun 1986 yang berbunyi “Putusan Pengadilan harus memuat:

a. Kepala Putusan yang berbunyi:
“DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA” ;

b. Nama, jabatan, kewarganegaraan, tempat kediaman, atau tempat kedudukan para pihak yang bersengketa;

c. Ringkasan gugatan dan jawaban tergugat yang jelas;

d. Pertimbangan dan penilaian setiap bukti yang diajukan dan hal yang terjadi dalam persidangan selama sengketa itu diperiksa;

e. Alasan hukum yang menjadi dasar putusan;
f. Amar putusan tentang sengketa dan biaya perkara;
 

Semua unsur formal yang menjadi syarat putusan tersebut telah terpenuhi, namun secara substansial, putusan tersebut banyak terdapat kekurangan. Pertimbangan yang terdapat pada putusan tersebut sangat formalistik dan sangat jauh dari upaya untuk memberikan keadilan substantive bagi Para Penggugat.


3. Kesalahan Mutlak dalam Memaknai Obyek KTUN

Di dalam Pasal 1 UU No. 5 tahun 1986 disebutkan bahwa Keputusan Tata Usaha Negara adalah ”suatu penetapan tertulis yang dikeluarkan oleh Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara yang berisi tindakan hukum tata usaha negara yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang bersifat konkret, individual dan final yang menimbulkan akibat hukum bagi seseorang atau Badan Hukum Perdata”, dengan sistematika sebagai berikut:

a. Penetapan Tertulis dikeluarkan oleh Badan/Perjabat Tata Usaha Negara
Penetapan tertulis ini merupakan syarat mutlak KTUN yang bisa digugat. Namun tertulis ini tidak menunjuk pada bentuk formal suatu surat keputusan, tetapi menunjuk kepada isinya sehingga sebuah memo atau nota telah dapat disebut sebagai suatu keputusan dari badan/pejabat tata usaha negara dan dapat dijadikan obyek sengketa. Sedangkan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara sesuai dengan UU No. 5 tahun 1986 adalah Badan atau Pejabat yang melaksanakan urusan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Urusan atau fungsi pemerintahan ialah kegiatan yang bersifat eksekutif. Urusan atau fungsi pemerintahan atau bestuur adalah fungsi pemerintahan yang tidak termasuk di dalamnya fungsi pembentukan undang-undang dan fungsi peradilan. Dengan bahasa singkat urusan pemerintahan adalah mereka yang menyelenggarakan urusan pemerintahan yang bersifat eksekutif baik di pusat mapun di daerah.

Siapa kemudian yang termasuk dalam pengertian Badan/Pejabat Tata Usaha Negara? Perinciannya adalah sebagai berikut:

i. Pejabat yang termasuk dalam lingkungan eksekutif, yaitu mulai dari presiden hingga lembaga non departemen;

ii. Pejabat yang melaksanakan urusan desentralisasi, yaitu Kepala Daerah hingga kepala dinas;

iii. Pejabat yang melaksanakan urusan dekonsentrasi, seperti Gubernur, Bupati, Camat dan Pemerintahan Desa;

iv. Pihak ketiga atau pihak swasta yang mempunyai hubungan istimewa atau hubungan biasa dengan pemerintah, baik yang diatur atas dasar hukum publik maupun privat;

v. Pihak ketiga atau pihak swasta yang memperoleh konsesi atau izin (vergunning) dari pemerintah;

vi. Pihak ketiga atau pihak swasta yang diberi subsidi oleh pemerintah, misal sekolahsekolah;

vii. Pihak ketiga atau yayasan yang didirikan dan diawasi oleh pemerintah;

viii. Pihak ketiga atau koperasi yang didirikan dan diawasi oleh pemerintah;

ix. Pihak ketiga atau bank-bank yang didirikan dan diawasi oleh pemerintah;

x. Pihak ketiga atau pihak swasta yang bertindak bersama-sama dengan pemerintah (Persero);

xi. Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Mahkamah Agung serta panitera;

xii. Sekretariat pada Lembaga Tinggi Negara dan pada DPR/D.

b. Berisi Tindakan Hukum Tata Usaha Negara
Yaitu tindakan hukum publik yang akan memberikan akibat hukum tertentu bagi pihak yang terkena atau dituju oleh tindakan tersebut.

c. Berdasarkan peraturan perudangundangan yang berlaku
Persyaratan ini berkaitan dengan asas legalitas bahwa semua tindakan administratif harus selalu didasarkan pada hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dan di dalam peraturan itu dicantumkan adanya kewenangan untuk melakukan suatu tindakan.

d. Bersifat Konkret, Individual dan Final
Keputusan Tata Usaha Negara harus konkret, tidak abstrak tetapi berwujud, tertentu atau dapat ditentukan. Dalam hal apa, kepada siapa ditujukan. Sedangkan individual artinya KTUN tidak boleh ditujukan untuk umum, tetapi tertentu baik alamat maupun hal yang dituju dan final berarti keputusan tersebut telah bersifat definitif, sehingga baru mempunyai akibat hukum tertentu.

e. Menimbulkan Akibat Hukum bagi Seseorang atau Badan Hukum Perdata
Akibat hukum ini tertuju kepada seseorang (persoon) atau badan hukum (rechtpersoon). Keduaduanya diperlakukan sama, Badan Hukum juga dianggap sebagai persoon yang pihak yang dianggap sebagai pendukung hak dan kewajiban yang dapat mengadakan hubungan hukum, baik dengan sesama manusia atau manusia dengan badan hukum.

Senin, 04 Juni 2012

5 cara menjadi guru yang kreatif

Sungguh besar sekali manfaatnya bagi seorang guru memiliki sifat kreatif/creative teacher
Berikut adalah 5 cara untuk menjadi guru yang kreatif

Guru menciptakan susasana kelas yang aman dan nyaman secara emosional dan intelektual
Terkadang siswa punya banyak pertanyaan dibenaknya, tetapi ada semacam perasaan malu dan takut, dikira bodoh jika melontarkan pertanyaan. Sebagai guru, kerja keras kita salah satunya adalam menciptakan kelas yang memberik keamanan secara emosional bagi siswa. Memang agar menjadi siswa yang percaya diri mereka perlu mengambil resiko, tetapi di lingkungan yang tidak mendukung kenyamanan secara emosional, siswa akan berpikir 1000 kali untuk mau bertanya dan berpendapat.
Anda juga bisa membuat peraturan kelas yang isinya antara lain ‘Tidak boleh merendahkan atau meremehkan pendapat orang lain’ Jangan lupa anda juga memberi contoh dahulu kepada siswa untuk mengucapkan terima kasih dan menhargai untuk setiap pertanyaan, atau pendapat dari siswa anda. Jika ini terjadi dikelas anda dijamin kelas akan berubah menjadi kelas yang setiap individu didalamnya salaing mendukung dan mudah untuk berkolaborasi dalam berpengetahuan.
Tidak hanya sampai disitu saja, kelas yang membuat guru menjadi guru kreatif semestinya juga aman secara intelektual. Siswa bisa mandiri dan mengerti dimana letak alat tulis, dikarenakan semua hal dikelas sudah disiapkan dengan rapih dan terorganisir. Siswa tahu apa yang harus dikerjakan dikarenakan intruksi penugasan yang jelas oleh guru. Tidak hanya jelas tetapi juga menantang dengan demikian siswa bisa mengekpresikan kemampuannya dalam mengerjakan tugas yang guru berikan.

Guru mengukur dengan hati, seberapa besar keterlibatan (engagement) siswa dalam tugas yang ia berikan.
Saya jadi ingat sebuah pertanyaan yang bersifat reflektif mengenai cara kita mengajar dan membelajarkan siswa. Pertanyaan nya begini “Jika saya adalah murid saya sekarang, seberapa senang saya diajar oleh guru seperti saya? “
Seorang guru yang ahli mampu menciptakan suasana kelas yang aktif dalam pembelajaran di kelas yang diajarnya dalam presentasi keterlibatan yang penuh alias 100 persen. Artinya, misalkan seorang guru mengajar selama 40 menit, maka selama 40 menit itu pulalah, siswa belajar dengan aktif dan terlibat penuh dalam pembelajaran.
Tentu tidak dalam semalam semua guru bisa 100 persen menciptakan kelas yang aktif. Namun membutuhkan latihan dan  latihan. Tetapi jalan kesana akan lebih cepat apabila kita mau jujur bertanya pada diri sendiri “Seberapa besar siswa aktif atau terlibat penuh dalam pembelajaran yang saya lakukan?”.

5 menit terakhir yang menentukan
Jadikan 5 menit terakhir pembelajaran anda untuk merangkum, berbagi atau berefleksi mengenai hal yang siswa sudah lakukan selama pembelajaran.
Bagilah menjadi dua pertanyaan besar, misalnya bagian mana yang paling berat dilakukan dan susah dimengerti. Pertanyaan selanjutnya, pengetahuan baru apa yang kamu dapatkan hari ini? Dengan demikian membuat siswa berdialog dengan dirinya sendiri mengenai proses belajar yang telah dilakukannya.

Guru menciptakan budaya menjelaskan, bukan budaya asal menjawab dengan betul.
Ciri-ciri sebuah pertanyaan yang baik adalah pertanyaannya hanya satu tetapi mempunyai jawaban yang banyak. Bandingkan dengan jenis pertanyaan yang hanya mempunyai satu jawaban. Hal yang terjadi siswa akan berlomba menjawab dengan benar dengan segala cara. Termasuk mencontek misalnya.
Sebagai guru budayakan pola perdebatan atau percakapan akademis di kelas kita. Saat mendengarkan rekan mereka berbicara dan berargumen, mereka akan belajar memilih dan membandingkan pendekatan atau cara yang orang lain lakukan untuk menjawab sebuah masalah yang guru berikan.
Sebagai guru saat memberikan soal berikanlah siswa beberapa peluang kemungkinandalam menjawab sebuah soal. Misalnya soal yang bapak berikan ini punya tiga alternative, bisa kah kamu menemukan ketiga-tiganya?

Guru mengajarkan kesadaran siswa dalam memandang sebuah pengetahuan.
Saat membelajarkan siswa, dikarenakan keterbatasan kita, terkedang kita sudah membuat mereka menebak atau mengarang-ngarang sebuah jawaban demi mendapatkan hasil yang benar. Hal ini siswa lakukan secara sadar atau tidak sadar. Untuk itu mari kita letakkan gambar dibawah ini disamping soal yang kita berikan kepada siswa di kertas soal.
Dengan demikian sebagai guru kita menjadi tahu saat siswa menjawab soal dengan salah tapi dengan keyakinan (for sure) atau menjawab soal dengan benar tapi dengan tidak yakin (confused). Menarik bukan ?

guru-kreatif
Biarkan siswa memberi tanda silang (X) pada tempat dimana dia merasa cocok.